6 Solusi Cara Mengatasi / Menambal Atap Rumah Ruko Dijual Disewakan Balikpapan yg Bocor untuk seng, baja ringan, dan dinding spandek

Tips Jitu Agen Properti hp/WA 0812 3456 243. Solusi Cara Mengatasi / Menambal Atap Rumah Ruko Dijual Disewakan Balikpapan yg Bocor untuk seng, baja ringan, dan dinding spandek.
Atap rumah bisa bocor dengan berbagai sebab dan menimbulkan ketidaknyamanan terutama ketika musim hujan, sehingga diperlukan cara untuk menambal atap rumah bocor salah satunya menggunakan aneka bahan-bahan praktis.
menambal atap rumah bocor

Menambal atap rumah bocor bisa dilakukan dengan berbagai cara. Perlu diketahui terlebih dahulu penyebab atap tersebut bisa bocor, untuk kemudian dilakukan pencegahan supaya tidak terjadi lagi atau bertambah parah. Atap rumah yang bocor bisa dikarenakan angin kencang dan membuat genteng bergeser.

solusi mengatasi bocor di pertemuan atap spandek dan dinding

Penyebab lain misalnya karena keberadaan pohon di sekitar atap rumah yang menjatuhkan buah ataupun ranting dan membuat genteng pecah. Dedaunan kering yang tidak dibersihkan dari atap dapat menghambat aliran air dan membuat genangan di atap. Bisa juga karena ventilasi udara yang kurang, sehingga membuat sirkulasi udara panas terperangkap dan merusak struktur genteng.

Selain mencegah kebocoran atap dengan cara menghindari hal-hal di atas, menambal atap rumah bocor bisa dilakukan dengan menggunakan aneka bahan-bahan praktis di bawah ini:


1. Menambal dengan pelapis cat anti-bocor untuk atap dan dinding

Cara memperbaiki atap baja ringan yang bocor juga kadang menggunakan cara ini.Berdasarkan bahan bakunya, ada tiga jenis pelapis anti bocor yang bisa dipilih, yaitu waterproof cair, semen, dan membran. Jenis cair merupakan yang paling praktis, seperti cat yang memiliki sifat waterproof yang bisa digunakan dengan cara diusapkan pada bidang yang sering dilalui air atau tergenang. Untuk daerah sambungan, bisa diletakkan serat fiber sebagai penguat dan kemudian dikuaskan cat waterproof lagi.

2. Menggunakan pelapis dari campuran akrilik, pasir silika, aditif

Meskipun mirip, bahan pelapis ini memiliki kandungan yang berbeda dibandingkan cat. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, hanya dengan menggunakan rol atau kuas pada permukaan yang retak. Campuran ini akan berubah menjadi elastis dan bersifat tahan panas, meskpiun kurang tahan terhadap genangan air.

3.  Menggunakan pelapis semen atau cairan aditif

Bahan semen sering digunakan agar atap lebih solid dan kedap air. Penggunaan semen ini juga cukup baik untuk menambal atap rumah bocor dan mencegahnya bocor kembali. Bahan pelapis ini tahan terhadap genangan air namun rentan paparan sinar UV.

4. Menggunakan lembaran bitumen

Bitumen ini berbasis aspal dan pilihannya cukup terbatas di pasaran. Tersedia dalam bentuk pasta dan membrane sheet (gulungan) dan disarankan untuk memanfaatkan ahlinya dalam proses pemasangan. Jenis pelapis ini cocok untuk area-area yang mudah digenangi air, namun tidak cocok untuk bagian yang terkena sinar matahari langsung.

5. Menggunakan perekat lem styrofoam

Untuk bahan yang satu ini, bisa dapat dengan mudah dibuat sendiri dengan harga terjangkau. Caranya adalah dengan mencincang styrofoam yang bisa didapat dari bahan bekas, kemudian dimasukkan ke dalam tampah berisi bensin sebanyak 1 liter.

Masukkan styrofoam dan aduk hingga mengental dan berbentuk seperti lem kuning. Lem sudah siap digunakan dengan cara dikuaskan pada bagian atap yang ingin ditambal. Lebih bagus lagi lem ini untuk menambal atap rumah bocor jika ditambahkan serat fiber diantara olesan pertama dan kedua.

6. Menggunakan flashband biasanya untuk cara menambal atap seng bocor

Berbentuk seperti lakban yang berbahan aspal dan dilapisi alumunium foil. Cara pemasangannya sangat mudah, tinggal melepas lapisan pelindung alumunium lalu ditempelkan pada bagian yang bocor. Penggunaannya disarankan ketika cuaca panas sehingga kandungan lem yang ada di dalamnya mencair dan menutup kebocoran dengan sempurna.

Itulah beberapa bahan praktis yang bisa digunakan untuk menambal atap rumah bocor.

Komentar